Manajemen mencangkup fungfi-fungsi
- perencanaan (penetapan apa yang akan dilakukan),
- pengorganisasian (perencanaan dan penugasaan kelompok kerja),
- penyusunan personalia (penarikan, seleksi, pengembangan, pemberian konpensasi dan penilaiaan prestrasi kerja),
- pengarahan (motivasi kepemimpinan, integrasi dan pengelolaan konflik) dan pengawasan.
Menurut Flippo, manajemen personalia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan kegiatan-kegiatan pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pelepasan sumberdaya manusia agar tercapai berbagai tujuan individu, organisasi dan masyarakat.
Sedangkan French, mendefinisikan manajemen personalia sebagai penarikan, seleksi, pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan sumberdaya manusia oleh organisasi.
Berdasarkan dua definisi tersebut kita dapat mendefinisikan bahwa manajemen sumberdaya manusia adalah penarikan, seleksi pengembangan, pemeliharaan, dan penggunaan sumberday manusia untuk mencapai baik tujuan-tujuan individu maupun organisasi.
Fungsi pokok personalia :
- untuk menjalin kerjasama dalam pengembangan dan administrasi berbagai berbagai kebijakan yang mempengaruhi orang-orang yang membentuk organisasi, dan
- untuk membantu para manajer mengelola sumberdaya manusia.
Kegiatan-kegitan personalia adalah tindakan-tindakan yang diambil untuk memberikan kepada organisasi satuan kerja efektiip.
Pendekatan Dalam Manajemen Personalia
- Pendekatan Sumberdaya Manusia
- Pendekatan Manajerial
- Pendekatan Sistem
- Pendekatan Proaktif
Organisasi Manajemen Personalia
Pengorganisasian fungsi personalia merupakan proses peenyusunan struktur organisasi departemen personalia.
Tantangan-tantangan Lingkungan Eksternal
- Tantangan Teknologi
- Tantangan Ekonomi
- Keadaan Politik Dan Pemerintah
- Tantangan Demografis
- Kondisi Geografis
- Kondisi Sosial Budaya
- Pasar Tenaga Kerja
- Kegiatan Para Pesaing
Langkah-langkah manajemen personalia untuk menghadapi tantangan linkungan :
- Monitor Lingkungan
- Mengevaluasi dampak perubahan
- Mengambil tindakan-tindakan proaktif
- Mendapatkan dan menganalisa umpan balik
Tantangan-tantangan Organisasional
- Karakter Organisasi
- Serikat Karyawan
- Sistem Informasi
- Perbedaan individual Karyawan
- Sistem nilai manajer dan karyawan
Produktivitas
- Peningkatan prestasi kerja
- Penurunan absesni karyawan
- Penurunan perputaran tenaga kerja
Kualitas Kehidupan Kerja
- Peningkatan keterlibatan kerja
- Peningktan kepuasan kerja
- Penurunan Stress
- Penurunan junlah kecelakaan kerjadan jumlah karyawan sakit
Tidak ada komentar:
Posting Komentar