Selasa, 22 Februari 2011

Pengertian Sistem Ekonomi

Sistem ekonomi adalah sistem yang di gunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang di milikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut.

ada perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah :
1.bagaimana cara sistem itu megatur faktor produksinya.dalam beberapa sistem seorang individu boleh         memiliki semua faktor produksi.
2.semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. kebanyakan dari sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrim tersebut.

selain faktor produksi.sitem ekonomi dapat juga di bedakan dari sistem cara tersebut mengatur produksi dan alokasi.
1.perkonomian terencana memberikan hak kepada pemerintah untuk engatur faktor-faktor produksi dan alokasi faktor produksi.dua bntuk utama perekonomian terencana komunisme dan sosialisme
2.perekonomian pasar , pasarlah yang mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi barang dan jasa melalui  penawaran dan permintaan.perekonomian pasar sangat bergantung pada kapitalisme dan liberalisme untuk sebuah lingkungan dimana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli  barang yang mereka inginkan.sebagai akibatnya barang dan harga ditentukan oleh mekanisme  penawaranb dan permintaan.
3.perekonomian pasar campuran ,(mixed market economies) adalah gabungan antara sistem perekonomian pasar dan terencana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar