Senin, 14 Februari 2011

PENGANGGURAN

Pengangguran atau tuna karna adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali,sedang mencari kerja,bekerja kurang dari 2 hari dalam seminggu.pengangguran di sebabkan karna jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja .

pengangguran sering sekali menjadi masalah dalam perekonomian.
tingkat pengangguran dapat dihitung dengan cara membandingkan jumlah pengangguran dengan jumlah angkatan kerja yang di nyatakan dalam persen.pengangguran yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan efek psikologis yang buruk terhadap pengangguran dan keluarganya.sehingga tingkat pengangguran yang terlalu tinggi dapat menimbulkan kekacauan politik
dinegara" berkembang seperti indonesia di kenal istilah "pengangguran terselubung" dmna pekerjaan yang semestinya bisa di lakukan dengan tenaga kerja sdikit,skrg di lakukan lebih banyak orang.

Jenis dan macam pengangguran:
* pengangguran friksional : pengangguran yang sifatnya sementara yang disebabkan adanya kendala waktu informasi dan kondisi geografis antara pelamar kerja dengan pembuka lamaran pekerjaan.

*pengangguran musian /seasonal unemployment :keadaan penganggura karena adanya flukuasi kegiatan ekonomi jangka pendek  yang menyebabkan seorang harus menganggur.contoh sperti petani yang menanti musim tanam,tukang durian yang menanti musim durian.
*pengangguran siklikal : pengangguran yang nganggur akibat imbas naiki turun siklus ekonomi sehingga permintaan tenaga kerja lebih rendah dari penawaran kerja.


sumber : wikipedia indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar