Selasa, 29 Maret 2011

STRATEGI PERENCAAN PEMBANGUNAN EKONOMI & PETA PEREKONOMIAN SURABAYA

Srategi dan Perencanaan Pembangunan Ekonomi Indonesia Masa Akan Datang..

    Sebernarnya belum ada kata sepakat di antara para  ahli konomi mengenai pengertian istilah perencanaan ekonomi.perencanaan sering disamakan dengan sistem politik suatu negara seperti kapitalis,sosialis,dan campuran.oleh sebab itu perencanaan dapat dikatakan sebagaiteknik atau caqra untuk mencapai tujuan dan sasaran tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya dirumuskan oleh badan perencanaan pusat.
    Tujuan perencanaan ekonomi adalah mengadakan suatu perekonomian nasional yang di atur yang direncanakantujuannya dan jalannya..perencanaan pembangunan di tandai dengan adanya usaha untuk memenuhi berbagai ciri-ciri tertentu serta tujuan.
Ciri-Ciri suatu perencanan pembangunan:
1.usaha yang dicerminkan dalam rencana untuk mencapai perkembangan sosial ekonomi yang mantap (steady social economic growth)
2.usaha untuk meningkatkan pendapatan perkapita.
3.usaha untuk mengadakan perubahan struktur ekonomi.
4.usaha perluasan kesempatan kerja.
5.usaha pemerataan pembangunan sering disebut distributive justice.
6.usaha pembinaan lembaga lembaga ekonomi masyarakat yang lebih menunjang kegiatan pembangunan.
7.usaha trus menerus menjaga stabilitas ekonomi.

*Unsur-unsur pokok pembangunan:
  • kebijakan dasar atau strategi dasar rencana bangunan.
  • adanya keerangka kerja makro.
  • perkiraan sumber"pembiayaan pembangunan.
  • uraian tentang kerangka kebijakan yang konsisten sperti kebijakan fiskal,moneter,harga dan lainnya.
  • perencanaan pembangunan adalah program investasi yang dilakukan secara sektoral.
  • perencanaan pembangunan adalah administrasi pembangunan yang mendukung usaha dan pelaksaan pembangunan.
Dengan adanya fungsi perencanaan kita dapat dilakukan perkiran suatu potensi,prospek prospek perkembangan,memberi kesempatan untuk mengadakan pilihan yang terbaik dan sebagai alat menguukur atau standar untuk  mengadakan pengawasaan serta evaluasi.

Perlunya Strategi Pembangunan Ekonomi
    untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi.untuk meningkatkan laju pertumbuhan tersebiut perlu juga meningkatkan laju pembentukan modal dengan cara meningkatkan tingkat pendapatan,tabungan dan investasi.salah satu kendalany adalah kemiskinan masyarakat indonesia itu sendiri,diakibatkan tingkat tabunganb yang rendah karena tingkat pendapatan juga rendah.
    Suatu rencana ekonomi bisa jugadi anggap seranmgkaian sasaran (target)ekonomi secara kuantitatif yang khusus ddan harus dicapai dalam suatu jangka waktu tertentu.rencana ekonomi bisa mencakup keseluruhan (kompehensif) maupun secara sebagian (parsial).

 Tahap tahap proses perencanaan ekonomi:
  1. menerapkan tujuan yang ingin dicapaidalam perencanaan ekonomi tersebut
  2. mengukur ketersediaan sumberdaya yang langka selama periode perencaan tersebut misalkan tabungan,bantuan luar negeri.
  3. memilih berbagai cara yang bisa digunakan untuk mencapai tujuan nasional.
  4. mengerjakan proses pemilihan kegiatan yang mungkin dan penting untuk mencapai tujuan nasional.
Kunci Keberhasilan Suatu perencanaan biasanya memerlukan hal hal sebagai berikut: komisi perencanaan,data statistik,tujuan,penetapan sasaran dan prioritas,obilisasi sumber daya,keseimbangan dalam perencanaan, sistem administrasi yang efisien, kebijakan pembangunan yang tepat, administrasi yang ekonomis,dasar pendidikan, teori konsumsi,dukungan masyarakat.

   Visi Dan Misi pembangunan Nasional tahun 2005 -2025:
"Visinya adalah indonesia yang maju dan mandiri,adil,dan demokratis serta aman dan bersatudalam wadah negara kesatuan republik indonesia"
"MIsinya adalah:
-mewujudkan  indonesia yang maju dan mandiri
-mewujudkan indonesia yang adil dan demokratis.



PETA PEREKONOMIAN SURABAYA (PULAU JAWA)

Kota Surabaya adalah ibukota Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Dengan jumlah penduduk metropolisnya yang mencapai 3 juta jiwa, Surabaya merupakan pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di kawasan Indonesia timur. Surabaya terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan karena sejarahnya yang sangat diperhitungkan dalam perjuangan merebut kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah. Kata Surabaya konon berasal dari cerita mitos pertempuran antara sura (ikan hiu) dan baya dan akhirnya menjadi kota Surabaya.

KEADAAN GEOGRAFIS
Surabaya terletak di tepi pantai utara provinsi Jawa Timur. Wilayahnya berbatasan dengan Selat Madura di Utara dan Timur, Kabupaten Sidoarjo di Selatan, serta Kabupaten Gresik di Barat. Surabaya berada pada dataran rendah,ketinggian antara 3 - 6 m di atas permukaan laut kecuali di bagian Selatan terdapat 2 bukit landai yaitu di daerah Lidah dan Gayungan ketinggiannya antara 25 - 50 m diatas permukaan laut dan di bagian barat sedikit bergelombang. Surabaya terdapat muara Kali Mas, yakni satu dari dua pecahan Sungai Brantas.luas wilayah kota surabaya adalah 374,36 km2.
Kota Surabaya merupakan ibukota Propinsi Jawa Timur dengan luas ± 32,637.06 ha, yang mempunyai kedudukan geografis pada 07º21’ Lintang Selatan dan 112º36’ sampai dengan 112º54’ Bujur Timur. Batas administrasinya adalah:
o Sebelah Utara : Selat Madura
o Sebelah Timur : Selat Madura
o Sebelah Selatan : Kabupaten Sidoarjo
o Sebelah Barat : Kabupaten Gresik
Secara administrasi pemerintahan kota Surabaya dikepalai oleh Walikota yang juga membawahi koordinasi atas wilayah administrasi Kecamatan yang dikepalai oleh Camat. Jumlah Kecamatan yang ada di kota Surabaya sebanyak 31 Kecamatan dan jumlah Kelurahan sebanyak 163 Kelurahan dan terbagi lagi menjadi 1.363 RW (Rukun Warga) dan 8.909 RT (Rukun Tetangga)
PENDUDUK
Suku BangSa
Suku Jawa adalah suku bangsa mayoritas di Surabaya. Dibanding dengan masyarakat Jawa pada umumnya, Suku Jawa di Surabaya memiliki temperamen yang sedikit lebih keras dan egaliter. Salah satu penyebabnya adalah jauhnya Surabaya dari kraton yang dipandang sebagai pusat budaya Jawa.Meskipun Jawa adalah suku mayoritas (83,68%), tetapi Surabaya juga menjadi tempat tinggal berbagai suku bangsa di Indonesia, termasuk suku Madura (7,5%), Tionghoa (7,25%), Arab (2,04%), dan sisanya merupakan suku bangsa lain atau warga asing.Sebagai pusat pendidikan, Surabaya juga menjadi tempat tinggal mahasiswa dari berbagai daerah dari seluruh Indonesia, bahkan di antara mereka juga membentuk wadah komunitas tersendiri. Sebagai pusat komersial regional, banyak warga asing (ekspatriat) yang tinggal di daerah Surabaya, terutama di daerah Surabaya Barat.

SISTEM MATA PENCAHARIANPerhatian para ilmuwan pada sistem mata pencaharian ini terfokus pada masalah-masalah mata pencaharian tradisional saja, di antaranya:


Perekonomian

Sebagai kota metropolitan, Surabaya menjadi pusat kegiatan perekonomian di daerah Jawa Timur dan sekitarnya. Sebagian besar penduduknya bergerak dalam bidang jasa, industri, dan perdagangan. Banyak perusahaan besar yang berkantor pusat di Surabaya, seperti PT Sampoerna Tbk, Maspion, Wing's Group, Unilever, dan PT PAL. Kawasan industri di Surabaya diantaranya Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) dan Margomulyo.
Dewasa ini terdapat belasan mal-mal besar dan puluhan supermarket besar. Pusat perbelanjaan modern ternama diantaranya: Tunjungan Plaza, Pakuwon Trade Center dan Supermall Pakuwon Indah (satu gedung), Mal Galaxy, Golden City Mall, Bubutan Junction (BG Junction), Royal Plaza, City of Tomorrow (CiTo), Surabaya Town Square (Sutos), Hi Tech Mall, Grand City Mall, Maspion Square, MEX Building, Pasar Atum Mall, ITC Surabaya, Plaza Marina (dahulu Sinar Fontana), dan Plasa Surabaya yang oleh masyarakat Surabaya lebih dikenal dengan Delta Plaza serta yang paling baru saat ini adalah Empire Palace, yang sekaligus merupakan wedding mal pertama di Indonesia. Sedangkan pusat perbelanjaan tradisional ternama diantaranya Pasar Turi, Pasar Atom, dan Darmo Trade Center (DTC) yang dahulunya adalah Pasar Wonokromo.

TEMPAT PARIWISATA
Wisata Rekreasi
Wisata Alam
Wisata Bahari
Wisata Religi
  • Masjid Al Akbar
  • Masjid Agung Sunan Ampel
  • Masjid Muhammad Cheng Ho
  • Gereja Kristen Indonesia
  • Gereja Katholik Santa Perawan Maria
  • Pura Jagad Karana
  • Klenteng Boen Bio
  • Klenteng Sanggar Agung
  • Klenteng Hong Tiek Hian
  • Patung Joko Dolog
  • Makam Ki Ageng Bungkul
  • Makam Mbah Ratu
  • Makan Dr. Soetomo
  • Makam W.R. Supratman
  • Makam Pangeran Yudo Kardono
Wisata Belanja




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar